Minggu, 18 Desember 2011

BETERNAK LELE DUMBO


Siapa yang tak kenal lele ? ikan yang berkulit licin dan berkumis ini sudah lama dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Saat ini, semakin banyak orang yang gemar menyantap dagingnya. Lihat saja hampir setiap restoran dan rumah makan kaki lima selalu tersedia menu olahan lele. Selain disajikan dalam bentuk lele goring, lele juga bisa diolah menjadi pecel atau pecak.
Imbas positif dari semakin banyaknya orang yang menggemari lele adalah meningkatnya permintaan kebutuhan lele ukuran konsumsi. Keadaan ini membuat peluang usaha beternak lele sangat terbuka lebar. Awalnya banyak orang yang enggan membudidayakan lele karena nilai ekonomisnya lebih kecil dibandingkan dengan ikan konsumsi lainnya. Namun saat ini, kondisi telah berubah, beternak lele mendatangkan keuntungan yang lumayan besar bagi mereka yang melakukannya.
Terlebih lagi setelah dating bibit lele dumbo yang memilki banyak keunggulan dibandingkan dengan lele lokal yang telah lama dibudidayakan para petani lele di Indonesia. Selain pertumbuhannya yang cepat, harga jual lele dumbo juga tidak kalah dengan harga jual lele lokal.
Melihat kenyataan ini penulis menerbitkan artikel tentang “BETERNAK LELE DUMBO” sebagai panduan bagi anda yang ingin membuka usaha beternak lele dumbo. Artikel ini memaparkan dengan gamblang semua aspek pembudidayaan lele, melalui pembenihan, pendederan pemebesaran, pemanenan hingga cara menanggulangi hama dan penyakit lele. Selain itu, juga dilengkapi dengan analisis usaha sebagai bahan acuan untuk mengetahui sejauh mana kelayakan usaha beternak lele dumbo.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar