Kamis, 19 Januari 2012

NANANGKAAN (Euphorbia Hirta)

 
Di daerah pemukiman baru biasanya kita temukan tumbuhan seperti nanangkaan/gendong anak/patikan kebo (euphorbia hirta). Tumbuhan tersebut mudah untuk dikenali. Tumbuhan itu tumbuh merayap di celah bebatuan atau tumbuh tegak diantara tumbuhan lainnya. Tinggi tumbuhan ini mencapai 0,5 meter, tetapi yang sering kita dapatkan hanyalah sekitar satu jengkal.
Batangnya pendek berbuku-buku, daunnya saling berhadapan, berbentuk bulat telur, bergerigi halus pada kedua sisinya, dan pada bagian tengahnya terdapat noda berwarna nila. Buah dan bunganya terdapat pada ketiak setiap tangkai daun dan terletak menopang diatas batang. Tumbuhan itu berkembang biak melalui biji.
Banyak orang yang menggunakannya untuk ramuan obat, seperti daunnya yang telah dicuci, dan ditumbuk halus dapat kita gunakan untuk mengobati luka tersayat pada kulit atau dapat mempercepat masaknya penyakit bisul dengan cara menempelkan tumbuhan nanangkaan pada permukaan bisul, tetapi jangan menutupi permukaan mata bisul, sehingga cepat pecah.
Ramuan tanaman ini yang telah dicuci bersih lalu direbus, air rebusannya setelah disaring dapat kita minum sebagai obat asma atau bronchitis. Dan jika kita terkena penyakit radang mata, tetesan getah tumbuhan ini dapat kita gunakan sebagai obat tetes mata.

1 komentar:

  1. Bagi yg pengen men cari tanaman ini.. Boleh pesan sama kita. Di kita banyak

    BalasHapus