Kamis, 19 Januari 2012

JAWER KOTOK (Coleus Scutellarioides Bth)


Jenis tumbuhan ini memiliki corak warna yang beraneka ragam. Karena kkeindahan warna daunnya, tumbuhan ini sering digunakan sebagai tanaman hias pada taman-taman terbuka di halaman rumah.
Jawer kotok yang berkhasiat sebagai obat adalah jawer kotok yang daun dan batangnya berwarna merah hati kehitaman, dengan sisi daun dan bergerigi tumpul. Walaupun tumbuhan ini memiliki buah dan biji, untuk membudi-dayakannya lebih baik dan lebih mudah dengan stek pucuk. Jawer kotok tumbuh subur pada tanah lembap dan terbuka. Dari tumbuhan ini dapat kita peroleh berbagai manfaat untuk pengobatan.
Daun yang masih segar, settelah diolesi dengan minyak kelapa dan dipanaskan diatas api hingga layu dapat digunakan untuk menutup bisul agar cepat pecah. Air perasan dari daun yang masih segar berguna sebagai obat tetes untuk sakit telinga  atau sebagai obat anti septic pada saat memotong tali pusar bayi. Air rebusan daunnya jika diminum, bermanfaat untuk mengobati sakit wasir, batu ginjal, dan obat cacingan. Seduhan akarnya berguna untuk obat mencret.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar