Kamis, 19 Januari 2012

PULUTAN / PUNGPULUTAN (Urena Lobata)

  
Pulutan atau pungpulutan biasa tumbuh pada tempat yang baru dibangun, pada sisi-sisi tanah yang masih terbuka. Pulutan tumbuh liar ditepi-tepi jalan setapak atau diantara semak-semak belukar pada tanah terbuka.
Tumbuhan ini berbatang lunak dan berbulu halus. Daunnya menjari dan bergerigi tajam pada kedua sisinya, juga berbulu halus. Tangkai bunganya bergagang pendek dan muncul pada setiap ketiak daun, memudahkan kita untuk cepat mngenalinya.
Bunganya ada yang berwarna merah tua, merah muda, dan ada yang berwarna putih. Buahnya berupa kotak dan berbiji hanya satu.
Apabila pada suatu hari ketika sedang bekerja di lading atau sedng berjalan-jalan di daerah pegunungan, tiba-tiba kita terkena sengatan serangga, satu-satunya obat yang mudah kita dapatkan hanyalah daun pulutan ini.
Petiklah bebrapa lembar daun pulutan, tumbuk agak halus diberi beberapa tetes air. Hasil tumbukan itu, kita taburkan diatas luka bekas sengatan serangga tadi.
Khasiat ramuan ini adalah sebagai penawar racun sengatan serangga yang ditinggalkan pada luka sengatan atau gigitan tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar